Visi Misi

VISI MISI
DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN
PROVINSI BALI

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali mempunyai tugas membantu Gubernur melaksanakan urusan pemerintahan bidang perumahan rakyat dan kawasan permukiman, dan bidang pertanahan.

I. VISI

Penyusunan Rencana Strategis OPD sangat dipengaruhi dan merupakan penjabaran yang lebih detail dari perencanaan pembangunan daerah Provinsi Bali sehingga semua langkah-langkah yang disusun dalam Renstra Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Bali Tahun 2014 -2018.
Ketersediaan perumahan yang layak huni dan permukiman yang bebas kumuh akan meberikan jaminan kelayakan hidup masyarakat.
Pelaksanaan pembangunan infrastruktur bidang perumahan rakyat dan kawasan permukiman juga memerlukan dukungan sumber daya manusia yang profesional dan tanggap terhadap perkembangan teknologi, kondisi sosial budaya masyarakat, serta kepentingan strategis, nasional dan daerah. Untuk itu, pada masa yang akan datang Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali dituntut untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap perumahan layak huni dan kawasan bebas kumuh dengan meningkatkan kinerja penyedia jasa dan akses pasar jasa konstruksi yang diselenggarakan dengan menerapkan prinsip-prisip clean government dan good governance.
Dengan penyelenggaraan infrastruktur seperti tersebut di atas, diharapkan dapat tercipta kehidupan yang nyaman, dan masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama untuk memiliki akses terhadap perumahan layak huni dan permukinan bebas kumuh guna mengartikulasikan nilai-nilai sosial budaya dan fungsinya sebagai makhluk sosial. Kehidupan yang nyaman akan menjadikan masyarakat lebih poduktif, suatu kondisi dimana proses produksi dan distribusi berjalan secara efisien sehingga mampu memberikan nilai tambah ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat sekaligus meningkatkan daya saing.
Sesuai dengan peran dan kontribusi bidang perumhan rakyat dan kawasan permukiman dalam pembangunan nasional dan daerah, isu dan lingkungan strategis, serta arahan pembangunan nasional dan arahan pembangunan Provinsi Bali, perumahan rakyat dan kawasan permukina dituntut untuk mempunyai tingkat pelayanan yang dapat menjamin agar keseluruhan kegiatan sosial ekonomi masyarakat dapat berlangsung dengan baik.
Untuk itu, ditetapkan Visi Dinas Perumahan Rakyuat dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali adalah : Terwujudnya perumahan rakyat yang layak huni dan kawasan permukiman yang memiliki sarana, prasarana dan utilitas umum (PSU)sehingga tercipta lingkungan permukiman yang sehat dan aman berlandaskan konsep Tri Hita Karana.

II. MISI

1. Meningkatkan pengembangan rumah yang layak huni
2. Mewujudkan permukiman yang sehat
3. Tersedianya data pertanahan.

Untuk mewujdkan visi dan misi tersebut diatas Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali menganut dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang telah tertanam pada organisasi, yakni :

1. Rasional

Dalam melaksanakan pembangunan bidang perumahan rakyat dan kawasan permukiman selalu mengedepankan nilai-nilai yang menekankan pentingnya rencana dan analisa yang jelas, tidak mengutamakan politis maupun intuitif;

2. Kerjasama Tim

Sebagai organisasi pemerintah yang memiliki jumlah sumber daya manusia yang cukup merupakan poteni bagi sebuah tim. Oleh karenanya didalam mengemban tugas-tugas penyelenggaraan bidang perumahan rakyat dan kawasan permukiman harus mengedepankan prinsip kerjasama yang utuh dan kompak dengan menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas. Setiap pegawai memiliki arti penting yang sama, tidak ada satu orang pun yang lebih penting dari yang lainnya.

3. Inovasi

Dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan, perlu memunculkan gagasan yang aktual (isu yang berkembang di masyarakat), bermanfaat dan akuntabel.

4. Efisiensi dan efektifitas 

Terselenggaranya pembangunan dengan melibatkan masyarakat sebagai sumber daya tersedia guna mencapai tujuan dari pembangunan itu sendiri.

5. Responsif

Memiliki kepekaan terhadap aspirasi masyarakat akan harapan dan kebutuhan masyarakat serta diwujudkan secara tepat waktu.

6. Kemitraan 

Dilakukan dengan badan swasta ataupun perorangan dilaksanakan secara sistematis sesuai dengan aturan yang ada.

7. Kerja keras, gerak cepat, bertindak tepat

Adalah motto Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali dalam usaha percepatan pelaksanaan tugas-tugas bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dengan penuh rasa tanggungjawab.